10 Rekomendasi Seo Tools

Wondering what is the best seo tool to use? Don’t waste hours of your valuable time testing and trying out different seo tools. We have put together a list of our top recommended seo tools.

There is a lot of search engine optimization tools available to the market today. Many businesses will find it hard to settle on what could be the best seo tools to help their website thrive. This article will answer some of your questions and walk you through how I would pick seo tools and guide you to working smarter but not harder with other people’s money.

I have reviewed everything from WordPress themes to hosting services and I’ll be honest: It’s time consuming. I’m sure you don’t have time to test all these tools. That’s why I did it for you.

SEO tools gratis dapat membantu dan memudahkanmu mencari kata kunci yang tepat!
Sebuah website yang baik tidak hanya harus memiliki konten-konten yang menarik, melainkan juga harus menggunakan kata-kata kunci yang relate terhadap suatu topik.
Mengapa perlu demikian? Ini diperlukan supaya banyak orang dapat menjangkau website kamu pada saat memasukan kata kunci di mesin pencarian seperti Google.
Dilansir dari Text BrokerSEO Tools dapat memudahkanmu mencari kata kunci berdasarkan ranking di setiap halamannya.
Keyword adalah sesuatu yang berperan penting dalam perkembangan website. Kamu harus bisa menggunakan kata kunci yang banyak dicari oleh para pengguna di Google.
Hal ini berguna supaya website kamu tampil sebagai first suggestion page di halaman pertama Google. Itu sebabnya, kamu harus melakukan riset kata kunci (keyword) sebelumnya.
Baca Juga: 5 Cara Setting SEO di WordPress dengan Praktis
Daftar Rekomendasi SEO Tools Gratis
seo tools gratisFoto: Unsplash.com
Sekarang, sudah banyak tersedia SEO tools gratis untuk membantu kamu melakukan riset keyword dengan efektif dan efisien.
Melalui beragam SEO tools gratis ini nantinya kamu bisa dengan mudah menemukan kata kunci yang relevan dan banyak dicari. Yuk, simak daftar SEO tools gratis yang bisa kamu gunakan di bawah ini.
1. Google Trends
SEO tools gratis pertama yang bisa kamu gunakan adalah Google Trend. Mungkin kamu sudah familiar dengan tools ini karena merupakan salah satu yang paling populer di antara yang lain.
Google Trend merupakan tools yang sangat mumpuni dalam melakukan riset keyword. Kamu dapat mengetahui tren secara real time sehingga kamu bisa mendapatkan keyword terbaik untuk website.
Berikut adalah beberapa kelebihan dari Google Trends.
Menampilkan daftar topik yang sedang hangat.
Tersedia fitur filter pencarian berdasarkan wilayah.
Tampilan perkembangan topik tertentu dari tahun ke tahun.   
Menyediakan data kata kunci yang relevan dengan topik.
Tersedia fitur yang dapat membandingkan beberapa kata kunci sekaligus.
Data keyword dari website, mulai dari Google News, Google Image, Google Shopping, hingga YouTube.
2. Google Search Console
SEO tools gratis kedua adalah Google Search Console yang juga merupakan besutan dari Google. Tools ini memberi kemudahan untuk kamu melakukan riset keyword karena dilengkapi beragam fitur sebagai berikut.
Memperlihatkan peringkat website untuk kata kunci tertentu.
Memperlihatkan penayangan website untuk kata kunci tertentu.
Data persentase penayangan dan jumlah klik.
Menampilkan jumlah klik ke website untuk kata kunci tertentu.

Meskipun data mengenai search volume dan keyword difficulty tidak diperlihatkan oleh Google Search Console, seperti pada tools lain. Namun, tetap data yang digunakan adalah data pengguna Google yang berharga.
Selain beberapa fitur yang sudah disebutkan di atas, kamu juga dapat menikmati fitur lain seperti URL Inspection yang biasa digunakan untuk melihat indeks website. Terdapat pula fitur Mobile Usability, Core Web Viral, dan lain sebagainya.
3. Google Keyword Planner
SEO tools gratis lainnya yang bisa kamu jajal adalah Google Keyword Planner yang sebenarnya adalah bagian dari platform iklan milik Google, yaitu Google Ads.
Terdapat beberap keunggulan Google Keyword Planner yang bisa kamu rasakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
Mencari kata kunci dan mendukung conversion rate,
Melalui fitur Discover New Keyword, kamu dapat mencari hingga 10 kata kunci yang berhubungan sekaligus.
Dapat mengetahui tingkat pencarian kata kunci tertentu serta persaingannya di mesin pencarian.
Melalui fitur Get Search Volume and Forecast, kamu bisa mencari informasi spesifik tentang paid search dan performa dari suatu keyword.
Fitur-fitur tersebut membuat Google Keyword Planner menjadi yang favorit. Tools ini mampu menghadirkan database keyword yang update dengan angka persaingannya.
4. Google Search
Tidak perlu heran karena memang Google Search bisa berguna sebagai SEO tools. Sebenarnya, Google akan menampilkan dropdown beberapa kata kunci saat kamu melakukan pencarian.
Dari tampilan tersebut, kamu bisa tahu informasi apa yang sedang banyak dicari dan rekomendasi kata kunci tersebutlah yang bisa dijadikan sebagai ide konten.
Baca juga: 5 Cara Mudah Optimasi SEO untuk Konten, Jangan Terlewat, Ya!
5. Ubersuggest
Cukup dengan SEO tools gratis dari Google. Masih ada SEO tools lain yang bermanfaat seperti Ubersuggest. Untuk sebagian blogger atau marketer mungkin tidak asing lagi dengan tools yang satu ini.
Fitur unggulan dari Ubersuggest adalah Keyword Anayzer, yang memberi empat kemudahan dalam mencari keyword melalui fitur sebagai berikut.
Keyword Ideas.
Keyword List.
Keyword Overview.
Content Ideas.

Cara menggunakan Ubersuggest pun terbilang tidak sulit. Kamu cukup mengetik kata kunci yang dibidik dengan setting filter lokasi.
Setelah mendapatkan Keyword Ideas, akan ditampilan daftar keyword yang relevan dengan pencarian kamu.
Daftar tersebut sudah dilengkapi pula dengan CPC, volume pencarian, SEO difficulty dan paid. Dari sinilah, kamu bisa mengukur sejauhmana performa suatu keyword dan apa kata kunci alternatif yang bisa digunakan.
6. Wordtracker
Tools berikutnya yang bisa dicoba ialah Wordtracker yang merupakan ekstensi dari Chrome.
Terdapat beberapa keunggulan yang bisa membuat kamu terbantu dalam mencari keyword. Keunggulan tersebut di antara lain:
Kemampuan menganalisis yang dilakukan oleh para kompetitor.
Mengakses ke metrik kinerja keyword.
Sangat mudah digunakan dan dimengerti.
7. Ahrefs Free Keyword Generator
SEO tools gratis berikutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Ahrefs Free Keyword Generator. Sebenarnya, ini merupakan tools premium yang menawarkan fitur lengkap.
Namun untuk yang gratis, Ahrefs menyediakan free keyword generator yang tetap bisa membantu kamu. Beberapa keunggulan yang ditawarkan melalui tools ini adalah:
Mencari keyword yang relevan.
Mengidentifikasi long tail keyword.
Dapat menganalisis kompetitor.
Memperlihatkan metrik performa SEO dari suatu keyword tertentu.

Bila kamu menggunakan versi gratisnya, informasi yang kamu peroleh masih terbatas. Misalnya, kamu hanya dapat melihat 100 keyword relevan, volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, dan update-nya.
8. Keywordtool.io
SEO tools gratis yang bisa kamu coba berikutnya adalah keywordtool.id. Data yang ditampilkan dari tools ini merupakan hasil sumber dari Google sehingga hasil long tail keyword-nya relevan dengan pencarian kamu.
Kamu juga bisa mengecek beragam format konten, mulai dari berita, gambar, video sampai website. Selain itu, kamu bisa menggunakan filter lokasi untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.
Beberapa data yang bisa kamu peroleh dari keywordtool.io adalah:
Hasil riset long tail kata kunci.
Trend atau statistik pencarian keyword.
Search volume pencarian keyword.
CPC (Cost Per Click) atau estimasi biaya iklan di Google Ads.
Skor kompetisi atau tingkat kesulitan di peringkat teratas.
9. SEMrush Keyword Tools
SEO tools gratis yang satu ini adalah pemain lama yang tidak kalah bersaing dengan tools lainnya. Beberapa data riset yang ditampilkan antara lain:
Trend keyword.
Volume pencarian.
Estimasi CPC dalam USD.
Kesulitan kata kunci.
Fitur SERP, misalnya knowledge, site links, snippet, reviews, video carousel, dan lain sebagainya.
Data perkiraan kompetisi PPC.
Data jumlah URL dengan kata kunci tersebut.
10. WordStream
Wordstream menjadi SEO tools gratis terakhir yang cukup menjanjikan. Penggunaan tools ini sangat mudah, tetapi tetap menawarkan data yang riset yang baik.
Beberapa data yang kamu peroleh misalya adalah sebagai berikut:
Keyword yang digunakan kompetitor.
Menampilkan hingga 500 keyword relevan.
Menampilkan informasi paid search, volume pencarian dan level kompetisi, serta estimasi CPC.

Baca Juga: Beda SEO dan SEM Serta Kegunaannya dalam Bisnis
Sekian artikel mengenai 10 SEO tools gratis yang dapat membantu kamu dalam riset kata kunci. Semoga semua tools tadi bisa mendorong produktivitas kamu, ya.
Buat kamu yang punya permasalahan dengan bisnis yang sedang atau baru akan kamu jalani atau apapun seputar digital marketing, bisa banget kamu tanyakan disini. Nantinya SIRCLO Expert akan menjawab pertanyaan kamu.
Nama Lengkap *

https://www.youtube.com/watch?v=Ae7y8q74LAA

Leave a Comment